2 January 2016

Membuat koneksi database ACCESS ke VB .Net

 (CONTINUE)
Melanjutkan post saya yang kemarin tentang membuat koneksi database XAMPP ke VB .Net, sekarang saya akan membuat koneksi database dengan MS. ACCESS. Caranya tidak serumit seperti menggunakan XAMPP yang harus install jembatan, add reference dan lain-lain.

Langsung saja tools yang dibutuhkan,
1. Visual Studio 2012 (versi saya)
2. MS. Access (biasanya sudah ada kalau install MS. Office)

Pertama saya anggap sudah buat semua database dengan Ms. Access. Untuk saat ini saya menggunakan database dengan format "mdb". Jadi kalau menggunakan Ms. Access 2007- terbaru Save Database As - nya pilih Access 2000 Database.

Lanjut ke Visual Basic. Tambahkan modul Project lalu Add Module...


Langsung proses koding.
Sama seperti ODBC, cara-cara menggunakan OLEDB pun tak jauh beda. Imports untuk menggunakan databasenya. Letakkan source code berikut di atas nama class module.

Setelah itu buat variabelnya.
Perbedaanya dengan menggunakan ODBC hanya di bagian akhir statement. Kalau menggunakan ODBC jadinya MySqlConnection. Kalau OLEDB seperti gambar diatas.

Sekarang buat fungsi untuk koneksi ke database.
String untuk koneksinya ada beberapa macam. Perbedaanya juga saya tidak tau, mungkin perbedaanya hanya versi, contohnya "Provider=Microsoft.ACE.OLEDB.12.0;".

Sekarang untuk koneksi ke database menggunakan OLEDB sudah selesai. Kalian harus memanggilnya disetiap fungsi Form_Load yang menggunakan database.

0 comments: