25 December 2015

Membuat koneksi database XAMPP ke VB .Net

 
Sesuai namanya database itu untuk simpan data (sok tau banget). Intinya gak jauh beda dari tempat penyimpanan. Nah yang saya tau VB .Net menggunakan database ODBC dan juga OLEDB. Perbedaanya? saya sendiri kurang tau karena cuman pakai. Perbedaanya sendiri bisa kalian baca dari SINI

Langsung saja kita teruskan ke cara meng-koneksikan database ke VB .Net.

Yang pertama kita pakai ODBC. Berikut tools yang dibutuhkan:
1. Visual Studio 2012(versi saya)
2. XAMPP 5.6.14-0
3. MySQL Connector Net 6.8.7
4. MySQL Connector ODBC 5.3.4

1 dan 2 jelas banget sebagai bahan utama yang digunakan. Untuk 3 dan 4 ini gunanya sebagai jembatan penghubung antara 1 dan 2. Sekali lagi saya tidak tahu detailnya yang jelas begitulah pengartian saya.Hahaha

Setelah semua bahan diatas telah terinstall. 

Buka ODBC dari explorer biar cepat, itu cara windows 32bit. Kalau windows 64bit beda lagi. Baca aja disini


Tampilan ODBC pertama saat belum dibuat akses menuju database dari XAMPP adalah seperti diatas. Sekarang kita tambah akses ke XAMPP. Klik Add... nanti tampilannya akan seperti ini. 


Scroll kebawah kalian akan menemukan MySQL ODBC 5.3 ANSI Driver dan MySQL ODBC 5.3 Unicode Driver. Kalau kalian mengikuti langkah diatas pasti ada. 
Kalau masih tidak menemukan berarti kalian belum menginstall MySQL Connector-nya. 
Terserah kalian mau pilih yang ANSI atau Unicode. Kalau saya pake yang Unicode. Alasan dan perbedaanya kalian bisa baca disini. Klik Finish maka akan ada tampilan seperti ini.


1. Nama Data Source ini sembarang aja asal jangan sampai ada nama yang sama.
2. Description ini optional. Bisa di kosongin aja.
3. Isi localhost (kalau pengartian saya karena kita pake XAMPP yang harus di akses di localhost dulu. Mungkin y mungkin.) Portnya sendiri default 3306. Kalau kalian pernah pakai port 3306 untuk yang lain biasanya XAMPP tidak akan bisa di akses. Tapi saya kurang tau. hahaha
4. User isi root 
5. Optional. Password bisa kalian isi bisa kosongin. Kalau kalian isi password jangan dilupakan.
6. Kalian harus start apache dan mysql di XAMPP control panel. Kalau belum start apache dan mysql database kalian pasti tidak akan terbaca. Kalau sudah terbaca pilih database yang kalian buat untuk koneksi ini. Kalau mau meyakinkan koneksi berhasil klik tombol Test.

Setelah semuanya sudah terisi klik OK.


Liat kan yang tadi kita buat muncul di list tab User DSN. Jembatan sudah jadi sekarang kita ke Visual Basic .Net.

Saya anggap kalian sudah paham buat project windows form baru di VB .Net (Visual Studio).


Pada tab explorer di sebelah kanan kalian klik kanan pada nama project yang kalian buat. Lalu Add Refrence...


Muncul windows seperti diatas, ketikkan "mysql" pada kolom pencarian lalu pilih salah satu MySql.Data. Salah satu aja kalau 2 pasti ada pesan error karena ter-double. Lalu klik OK.

Sekarang kita.buat modul untuk membuat variable mysql dan membuka koneksi antara visual basic dengan XAMPP. Jadi modul disini saya gambarkan sebagai peresmian walikota untuk membuka jembatan tadi agar dapat dilewati.

Tambahkan modul caranya klik menu PROJECT lalu Add Module...


Namanya sembarang kalian deh. Klik Add. Double klik module yang baru kita buat di solution explorer yang disebelah kanan itu. kalau sudah isi dengan variable-variable untuk memanggil perintah mysql.

Hal yang tidak bisa dilupakan saat membuat koneksi ke database ODBC dari visual basic adalah meng-import. Import apa? Import Mysql.Data yang tadi kita tambahkan sebagai refrence. Cara import MySql.Data bagaimana? Dengan source code berikut.

Source code diatas diletakkan di atas class module.

Lalu buat deh variable mysqlnya.


Kenapa public? Agar bisa di panggil di setiap class yang ada di project tersebut. Kenapa cmd?Suka suka gue dong. hahah. cmd, con, da, dr, dt, ds adalah singkatan yang saya buat biar gampang mengingat variablenya nanti. Kalau mau diganti sih gapapa, serius gapapa ganti aja. Aku rapopo. ;')

Sekarang buat fungsi untuk koneksi ke database.


Fullnya jadi seperti ini.


Berikut pseuducode dari fungsi koneksi yang saya buat sendiri.

Buat fungsi bernama koneksi,
Buat variabel str untuk menampung query,
Isi variabel str dengan query : server=localhost;user=root;pass=;database=mydatabase;
(Penulisan query koneksi bisa berbeda-beda dari artikel yang pernah saya baca dan semuanya berjalan dengan lancar untuk koneksinya.)
Buatkan logika, jika koneksi (State) =  (ConnectionState) tutup maka buka koneksi.
Mungkin kalian akan bingung jika membaca pseudocode yang saya buat untuk pertama kali, tapi jika kalian membacanya berulang-ulang maka dijamin kalian akan bosan dan tetap tidak mengerti. hahahah
Sekarang untuk koneksi ke database menggunakan ODBC sudah selesai. Kalian harus memanggilnya disetiap fungsi Form_Load yang menggunakan database.

Sekian untuk pembahasan database dengan XAMPP. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan langsung cari forum-forum yang membahas masalah tentang kebingungan kalian.