15 December 2015

Visual Basic .Net



Visual basic .Net atau biasa disingkat VB .NET adalah sebuah alat untuk mengembangkan dan membangun aplikasi yang bergerak di atas sistem .NET Framework, dengan menggunakan bahasa BASIC.

Belajar VB .Net tidak sulit, dikarenakan bahasa yang digunakan adalah BASIC (Beginners’ All-purpose Symbolic Instruction Code). Bahasa untuk pemula karena dapat dipahami. Walau bahasa untuk pemula tapi tidak menutup fakta bahwa banyak programmer yang skillnya sudah di atas awan memakai bahasa ini.

Ulasan diatas sudah jelas tidak lain dan tidak bukan dari wikipedia. Kalau kalian sudah pernah main di VB6 pasti tau ini. Kalau menurut saya VB .NET seperti versi bagusnya VB6. Perbedaanya pun tak jauh beda dari segi penulisan syntax. Yang jelas VB6 sudah ketinggalan jaman.

Seminar PKL (Praktek Kerja Lapangan) adalah momen dimana saya pertama kali membuat aplikasi sendiri menggunakan VB .Net, XAMPP sebagai databasenya, SAP Crystal Report sebagai software pendukung untuk laporannya, client server jenisnya, 3 bulan pengerjaanya.

Inilah awal saya mengerti bagaimana membuat aplikasi. Bayangin aja 3 Tahun atau 6 Semester belajar konsep dasar programming, metode yang digunakan, macam-macam bahasa pemrograman baru paham di semester 7 saat "terdesak" membuat aplikasi untuk maju seminar PKL. Tidak heran banyak mahasiswa di kampus saya lebih memilih mengerjakan tugas saat H-1, karena saat H-1 tenaga yang entah dari mana asalnya tiba-tiba bersemayam dalam tubuh yang memungkinkan meningkatnya daya kerja semua organ di dalam tubuh. Untuk yang ini cukup dibaca dan dibuang, tidak untuk di contoh.

 Seperti biasa, ini hanya pengenalan dan curhatan TS yang dicukupkan sampai disini.