10 October 2015

Unity

7 bulan lalu tepatnya bulan Maret 2015 (berarti ini curhatan saya bulan Oktober 2015), saya baru belajar bagaimana membuat game dengan Unity. Unity yang saya gunakan Unity 4.6. Game yang saya buat adalah game Augmented Reality. Simple gameplaynya, BombAR namanya, 4 bulan selesainya.

Tujuan utama saya membuat game ini adalah tidak lain dan tidak bukan untuk menyelesaikan studi saya sebagai mahasiswa Ilmu Komputer Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Mulawarman. Kebanyakan orang bilang skripsi itu susah. Oke saya bilang sih gak susah selama ingin berusaha, tapi jujur saya berpikir skripsi itu gak ada susahnya cuman banyak ribetnya.

Kembali ke topik utama, Unity. Dari semua refrensi yang saya dapat, baca dan kopas, ini adalah software game engine yang memungkinkan penggunanya untuk membuat game 2D maupun 3D, multiplatform dan tutorial yang bejibun di youtube.

Selain multi platform unity juga multi language. Bahasa pemrograman yang dapat digunakan dalam unity adalah Javascript, C# dan Boo. Anda pemula dan bingung memulai dari mana? Jangan khawatir dan berkecil hati, kami punya solusinya. Kalian bisa membaca dokumentasi unity dan juga tutorialnya di sini, kalau kalian sudah stuck banget kalian bisa tanya jawab di sini
Sebelum bertanya budayakan mencari dan membaca refrensi dari pertanyaan yang sama sebelumnya dan usahakan terlebih dahulu untuk berusaha dan jangan hanya meminta orang lain mengerjakan masalah kalian tanpa diskusi. 
Pelajari dan juga pahami apa yang menjadi masalah kalian dengan begitu kalian akan paham sedikit demi sedikit. Quote diatas merupakan komentar di postingan saya dari mastah yang ada diforum unity yang saya modif sedemikian rupa agar yang baca (kalau ada) mengerti apa maksudnya. 

Unity memiliki asset store. Kalian bisa mencari karakter 3D, sprite 2D, sound, particle dan semua yang kalian butuhkan dengan mengakses asset store. Kalian bisa membuka asset store langsung dari unity Window -> asset store atau Ctrl+9. Dalam asset store ada yang gratis tapi tentu ada yang bayar. Jika kalian baru memulai pastinya akan memilih gratisan dan direkomendasikan juga begitu...hahaha.

Pengenalan Unity cukup sampai sini. Jika kalian masih bingung bisa langsung tanyakan di google